Diet Pasca Melahirkan




diet picturedeit picture

Sebetulnya tidak ada istilah diet, diet mengandaikan anda membatasi diri pada pola makan tertentu, justru yang harus anda pahami adalah mana makanan manusia sesungguhnya dan mana makanan produk budaya dan teknologi.

Sesungguhnya yang terpenting bukan sekedar menurunkan berat badan, tatapi bagaimana kita mempunyai tubuh yang sehat dengan menu sehat pula yang seimbang.banyak orang memiliki salah pengertian dengan istilah karbohidrat. apalagi masih berpegang pada istilah 4 sehat 5 sempurna yang sudah lama kadaluwarsa, prinsip yang perlu dipegang adalah setiap kali makan (termasuk yang disebut camilan) kita perlu mengonsumsi karbohidrat, protein dan lemak yang baik.

Karbohidrat terbaik yang bisa anda gunakan adalah segala jenis sayur segar dan beberapa buah yang tidak terlalu manis.

supaya badan tidak lemas, sayur perlu dimakan sebagai lalapan. dengan demikian enzimnya masih hidup dan semua vitamin serta antioksidannya tidak hilang. porsinya pun harus memadai, isi sepiring makanan anda dengan selada segar 1 ikat, timun 1 buah, tomat 1 buah, beri alpukat matang (sebagai sumber asam lemak esensial tak jenuh yang sangat istimewa dan tidak rusak akibat pemanasan) atau separuh apel/pir.

diet food

lauk terdiri dari protein dengan pilihan : tempe, oncom, ikan segar atau ayam yg dimasak TANPA menggunakan minyak goreng (jadi bisa di pepes, sop, dipanggang dengan daun pisang, garang asem, arsik atau tim dengan bumbu jaman dulu yg wajar : garam, lada, bawang merah/putih, kunyit, jinten, jahe, lengkuas, salam, cengkeh, kayumanis, dll). sayur-sayur yang dimasak spt sayur asem, sayur daun bayam, sayur daun singkong, capcay kuah dll.

sekalipun karbohidrat bersifat kompleks (seperti turunan terigu: mi,roti,kue,biskuit dll, turunan beras: nasi,bubur,lontong,ketupat,dll) namun karena sifat “ikatan karbon” dalam bahan makanan tersebut sangat ringkih, maka cepat sekali dicerna menjadi gula murni dalam pencernaan.

akibat gula naik dalam darah kurang dari 2 jam, maka insulin kita naik. insulin inilah yang memberi perintah tubuh untuk mengubah gula menjadi lemak!. jadi salah besar apabila anda berpikir bahwa kegemukan terjadi semata-mata karena kelebihan lemak dalam makanan. karbohidrat-lah yang terutama bertanggung jawab.

makan dalam porsi secukupnya tapi sering. apabila masih sulit merelakan nasi dalam menu sehari-hari, cukuplah dengan 3 sendok nasi beras merah tumbuh dan pelan-pelan digeser dengan sayur lalap.

alasan menyusui dan pasca melahirkan bukan alasan untuk makan diluar jalur. ketidakdisiplinan, kemalasan dan sering mencari-cari alasan hingga akhirnya ibu menyusui makan semaunya yg dia doyan tapi tubuh tidak butuh.

kebugaran juga bisa didapatkan dari olah raga dan tidur yang cukup (bukan dari sisi jumlah jam, tapi berkualitas). ketenangan batin juga merupakan hal terpenting bagi ibu yang sedang menyusui, spt mengisi hari-hari penuh cinta dan fokus pada buah hati yang sedang tumbuh kembang tanpa melalaikan tugas-tugas lainnya.

sumber : Dr Tan Shot Yen (pemerhati nutrisi dan energy healing)

  • Filed under: Tips
  • Related Post


    10 Responses for "Diet Pasca Melahirkan"

    1. ekads ekads April 13th, 2008 at 12:20 am 1

      terlalu hati hati ikutan lelang karena takut diet ketat selama sebulan…akhirnya sungguh tragis….

    2. franya franya April 13th, 2008 at 12:29 am 2

      diet itu perlu pasca melahirkan..asla jangan berlebihan.. nggak baik buat si ibu.. apalagi kalau lagi menyusui,,,kita diet karena kaum cowok maunya liat kita sexy,langsing and cantik.. kalau badan kita mekar melar nggak terurus bisa2 tuh mata cow bisa kanan kiri ok… lha wong bini udah cantik aja masih kanan kiri ok… tul nggak tuh !!!!

    3. astrid astrid April 13th, 2008 at 6:29 am 3

      I am on see food diet..

      When I see…food, I eat!

      Hehe….

      astrid’s last blog post..A MEMOIR OF A GAY-SHA

    4. OktaEndy OktaEndy April 13th, 2008 at 10:18 pm 4

      diet diet diet..
      jadi intinya mengatur pola makan yach?
      bukan mengurangi makan?
      ..
      laperrr… :D

      OktaEndy’s last blog post..Review Your Content

    5. xero xero April 14th, 2008 at 10:56 am 5

      Ekads : huahahaha SEMANGAT prend! tar xero bagi2 lagi barang yg ga kalah keren.

      Franya : betul, jangan berlebihan dan maksa!

      Astrid : me too, sayang makanan di-anggur-in :P

      OktaEndy : betul bro, jangan makan sembarangan yg cuma menuhin nafsu doang.

    6. keyla keyla July 24th, 2009 at 8:11 pm 6

      diet atau malas makan pasca melahirkan apalg menyusui, sgt merugikan diri sendiri. terbukti pd saya,.. jd jgn coba2 malas makan!!

    7. Fiqi Fiqi November 1st, 2009 at 1:54 pm 7

      Duh stress dech BB naik 20kg pasca melahirkan, sdgkn pkrjan ms hrz menuntt performance tbh yg bgs.. Skg lg coba product WRP NEW MOM efektif g y? Gmn y solusiny?

    8. umi umi April 23rd, 2010 at 9:28 pm 8

      hati-hati dengan pengertian deit,apa lagi waktu habis melahirkan yang lebih penting bagaimana kita menjaga kesehatan kita, agar ibu dan anak cukup vitamin & gisi.

    9. pratiwi pratiwi May 25th, 2010 at 4:27 am 9

      Weight Loss Product VIP

      extract daun lotus dengan vitamin E
      “VIP” Valuable Impressive Product keunggulan:
      * MENURUNKAN 5-30 kg dalam waktu 1 bulan
      * setelah minum ini tidak ada rasa lapar
      * cepat dan mudah diserab di dalam tubuh
      * bekerja di dalam tubuh 12 jam/hari
      * tidak ada rasa sakit/ tidak perlu diet ketat
      * Diperkaya dengan vitamin kulit

      AMAN-TANPA EFEK SAMPING!! TANPA OLAH RAGA!
      TANPA TERSIKSA MENAHAN RASA LAPAR!

      Mumpung lagi promo Rp. 320.000/btl nih…
      http://dns-products.tokopedia.com

      Info suplemen dan mekanisme suplemen kunjungi website yah…

    10. Diet benar Diet benar January 31st, 2012 at 7:38 pm 10

      Tips yang sangat berguna, terima kasih sharingnya!


    Leave a reply


    My Links






    Meta

    Calendar

    April 2008
    M T W T F S S
    « Mar   May »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  

    UserOnline