Mengatasi Tertelannya Duri Ikan




 tulang ikan

Pasti ada yang pernah mengalami kan? sakit.. dan klau yang mengalami anak kecil biasanya menimbulkan efek trauma bagi si anak sehingga malas atau malah menghindari makan ikan dikemudian hari. (pengalaman pribadi soalnya hehehehehe, tapi sekarang saya malah doyan banget ama ikan apalagi klau di goreng kering)

solusi terbaik untuk mengatasi tertelannya duri atau tulang ikan adalah dengan tetap tenang, jangan tegang karena jika anda tegang maka otot leher akan berkerut sehingga tulang ikan akan semakin kuat menusuk otot leher. jangan juga menelan gumpalan nasi dengan maksud agar tulang ikut bersama tertelannya nasi salah2 yang ada malah tulang semakin dalam menancap.

sikap tenang yang dimaksud adalah : jangan terlalu dipikirkan rasa sakitnya, tarik nafas dalam2, lalu minum segelas air. jika memungkinkan buat tidur. biasanya setelah anda bangun tidur tulang sudah lepas dengan sendirinya. tetapi jika tulang masih aja bandel menempel…. lebih baik segera hubungi dokter terdekat.

semoga berguna :)

  • Filed under: Tips
  • Related Post


    30 Responses for "Mengatasi Tertelannya Duri Ikan"

    1. elmo elmo April 28th, 2008 at 10:47 am 1

      kalo yang ketelan tulang hiu gimana yank? *kabur :D

    2. poo poo April 28th, 2008 at 10:53 am 2

      Suka makan ikan ya?
      Aku tahu kok dari shinchan kalau kamu emang suka makan duri ikan mujair. Iya kan Shiro…
      Shiro!! Shiro!! tangkap bolanya…

    3. Chic Chic April 28th, 2008 at 11:09 am 3

      hooo? tidur Mas? laah kalo tenggorokannya sakit gimana bisa tidur?

    4. Qie Qie April 28th, 2008 at 12:16 pm 4

      Kalo kita tetapi tenang keBuru mati gak bisa nafas… Coz tersangkut duri Ikan hiu, kata tante eLmo…!!! kekekek kabooorrrrrr

    5. xero xero April 28th, 2008 at 1:08 pm 5

      elmo : errr… sapa suru makan hiu! :D

      Poo : *sawat sandal bolong!! maksudmu aku gukguk gitu.. aku kan nguk! :D

      Chic : he… ga bisa ya? aku bisa tuh hehehe pokoknya jangan terlalu dipikirin sakitnya terus ga panik.

      Qie : ini lagi… kejar sambil acungin gobang!!

    6. Anggie Anggie April 28th, 2008 at 6:12 pm 6

      Cara yang tepat untuk mengatasi duri ikan ya itu.. Jangan makan ikan :D

      **Kabur**

    7. diorockout diorockout April 28th, 2008 at 7:20 pm 7

      waaaa, sep..sep..
      keren..
      makasih tips nya..

    8. ghatel ghatel April 29th, 2008 at 9:03 am 8

      makan bandeng presto, durinya empuk.. :D

    9. xero xero April 29th, 2008 at 9:57 am 9

      Anggie : ehem… :D

      Diorockout : Sama2 mas.

      Ghatel : hehehe ada ga gurami presto?

    10. pitshu pitshu April 29th, 2008 at 2:00 pm 10

      weee… dulu g pernah terlena duri juga, akhirnya g di suruh nelen nasi buled gitu! buset dah! penderitaan sih nelen nasi gitu gede hahaha ^^

      cuma lebih menderita kalo tulangnya bikin tengorokkan sakit dan gatel, begitu nasi masuk!
      Huahhh… legaaa rasanya ! hahahaha

    11. fratertelo fratertelo April 29th, 2008 at 4:01 pm 11

      inpormasi yang sangat berguna. terima kasih. semoga Tuhan membalas kebaikan Anda. dan juga Tuhan menjaga orang yang sedang makan ikan supaya tidak keselek duri-
      salam kenal

    12. xero xero April 29th, 2008 at 10:39 pm 12

      Pitshu : hehehe rata2 semua pernah ngalamin rasa nya kelelekan duri ikan ya..

      Fratertelo : thanks da mampir, salam kenal!

    13. jut tadang jut tadang April 10th, 2009 at 5:47 pm 13

      saya udah dua hari nahan rasa sakit nya
      tpi nga” jga ilang tu dri ikan na bro
      ada solusi lain ga” brooo

    14. Mimi Mimi June 25th, 2009 at 7:06 pm 14

      hai
      thanks untuk tulisannya yaa..
      sangat membantu menenangkan anakku (7 thn) yg baruuu aja ketelen duri :p

      stelah aku paksa baca (pdhl lagi nangis jejeritan :p dan bikin emaknya jadi panik ga bisa ngeyakinin klo minum air solusinya hihi )

      begitu selesai baca, lgsg berusaha kalem dan mau minum air :)

      again, thanks a lot, bermanfaat sekali ;)

      Senang bisa berguna, Terima kasih

    15. Aldi Arimartanto Aldi Arimartanto July 28th, 2009 at 1:50 pm 15

      Hi,

      Thanks atas masukannya, gw uda 2 hari gak ilang2 juga nih tulang ikan yg nyangkut ditenggorokan, bahkan kalo nelen makin sakit aja, uda coba nelen nasi bulet, makan roti, minum yg banyak, makan tunjang plus daun singkong, makan pepaya tapi gak ilang2 juga..

      Ada solusi yang lain gak…kalo ke dokter THT gimana cara ngambuilnya yah..??

      Salam,

    16. hadi hadi October 29th, 2009 at 12:20 pm 16

      waah, aku baru aja kemaren nelen duri ikan lele, nancep di tengah tenggorokan bagian kiri, uda tidur, udah minum banyakk, makan langsung telen juga gak sembuh sembuh, gimana, help.. help… kalo ke dokter kira kira di apain sama dokternya ya

    17. Ake Ake December 10th, 2009 at 9:05 pm 17

      hehee…gw semalam baru tertelan ikan neh..aduh…sakit sekali sampe mau mati..tapi kadang ngak terasa sakit.. tulang itu memang kurang ajar…
      kira2 ada obat apa ngak ya? supaya tulang ikan itu jadi lembek tertelan gitu…
      tolong kasi tau dunk….hehee
      kalo ke docter gw takut…….entar ambil gergaji belahkan leher kita lol…sampe darah2 bertumpah di lantai..
      hahahaa

    18. tiar tiar April 25th, 2011 at 3:27 pm 18

      help me.
      aq dh 5hr ney nyangkut,
      g ilang2.
      smw cr dh aq cba, kecuali k dokter.
      takuut. gmn donk?
      thanx b4.

    19. ibrachim ibrachim June 1st, 2011 at 11:15 am 19

      Gimana Tiar? udah sembuh belum? Saya juga dah 3minggu masih menderita malah tu duri tambah nancep. Kalo punya info Please tolonh ya.. Thx

    20. rama rama March 15th, 2012 at 3:14 pm 20

      tolong dong aku udah ngelakuin smua dari makan nasi di telen sampe minum pun aku udah lakukan ..
      tapi rasa sakitnya masih terasa tolong dong ..
      ga enak banget sakitnya ..
      di kasih pencerahannya yaah ..

    21. ang lie ang lie June 6th, 2012 at 8:31 pm 21

      sekedar untuk ngilangin rasa sakitnya bole aja minum obat penghilang nyeri sambil tunggu tulang yg kesangkut lepas,,caranya rileksasi saat hendak tidur anda kendorkan tubuh anda membayangkan dari ujung rambut kepala sampai ujung kuku kaki,,kendorkan semuanya ,,lepaskan semuanya,,lemaskan semuanya,,sambil anda membayangkan tulang yg ada di tenggorokan anda mulai lepas samapi anda tertidur lepas,,,moga moga bangun paginya anda telah terlepas dari problem tulangnya,,,,ok,

    22. pablo pablo October 16th, 2012 at 8:59 am 22

      kl ketelan duri dibuat tidur kan g bisa kerja dund,
      anak sama istri di kasih makan apa hayo? :-)

    23. mikaiL Zumare mikaiL Zumare November 19th, 2012 at 8:34 pm 23

      untuk mengatasi keTULANGan ikan, kunjungi blog saya http://www.tipszumare.blogspot.com jangan cuma tidur, itu bukan solusi.

    24. mikaiL Zumare mikaiL Zumare November 19th, 2012 at 8:39 pm 24

      untuk mengatasi keTULANGan ikan, kunjungi blog saya
      http://www.tipszumare.blogspot.com. tidur bukan solusi yang cepat

    25. ryman ryman July 11th, 2013 at 8:19 pm 25

      hahaha

    26. ryman ryman July 11th, 2013 at 8:20 pm 26

      lucu kalian tulis

    27. ryman ryman July 11th, 2013 at 8:21 pm 27

      anjing

    28. A.Dofsky A.Dofsky August 31st, 2013 at 5:50 pm 28

      tadi siang baru aja ke tusuk tulang ikan di leher, saya mah termasuk orang kalem, jadi kalo kayak gitu gak tegang sama skali, tetep aja tuh tulang ganjel, kadang gk ada rasa kadang ngilu, udah minum air sampe kembung gak lepas”, malah sampe di korek” dan gak keluar. solusi lainnya gimana ya

    29. deeaaaaaaan deeaaaaaaan February 14th, 2014 at 3:41 pm 29

      wah saya jg ketelen nih malah ampe berbulan2 gk ilang kayaknya malah dari 2012 malah saking lamannya…baru tadi berasa nusuk banget trus iseng mangap lebar lihat pk kaca ngadep sinar matahari biar terang… durinya agak klhtn makanya lngsung pk pinset yg ujung runcing buat ambil..alhamdulillah bisa kecabut cuma dikanan kiri ini ada putih2nya yg lain.. gk tau duri yg udah lama ketancep apa gimana..di tarik2 susah kyanya masuk kedalam ……tp udh kecabut yg nongol td (curiga nih masih sisa.. apa lukanya nya)

    30. Calvin Halim Calvin Halim April 14th, 2014 at 8:58 am 30

      Kalau durinya dh tertusuk agak dalam gimana cara obatinnya??

      tolong segera dijawab


    Leave a reply


    My Links






    Meta

    Calendar

    April 2008
    M T W T F S S
    « Mar   May »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  

    UserOnline