Bila Bayi Cegukan




Cegukan pada bayi adalah hal biasa, tapi bila terjadi terus menerus tentu membuat orang tua menjadi khawatir, tips saya yg sebelumnya juga tidak dapat dipraktekan, karena kasus nya beda. (masa bayi disuru nungging2 atau tahan napas hehehehehe)

Biasanya orang tua yg baru pertama kali punya anak paling khawatir jika bayinya yg masih berumur 0-3 bulan cegukan, padahal cegukan pada bayi terutama setelah minum ASI atau susu botol sebenarnya hal yg biasa dan dialami hampir semua bayi.

Meski kadang suara cegukan berkali-kali tersebut mungkin terasa mengganggu di telinga orang yg mendengarnya, gejala tersebut tidak menimbulkan sakit sedikitput pada si kecil. dan sangat jarang cegukan menjadi tanda atau gejala dari suatu penyakit serius.

Penyebab

  • Pengencangan diafragma (otot di dasar paru-paru yang digunakan untuk bernafas) secara mendadak dan tak terduga, sehingga menyebabkan udara tiba-tiba tertarik masuk lewat mulut, sehingga menimbulkan suara ceguk-ceguk.
  • Cegukan seringkali bermula ketika seseorang melakukan dua hal sekaligus, misalnya tertawa selagi makan atau minum.
  • Stres, terkadang itu tanda klau bayi sedang stres, coba ingat-ingat apa yg sebelumnya dialami si kecil.
  • Bahkan cegukan yg sesekali saja bisa disebabkan oleh sesuatu yang lain, seperti serangga yg masuk kesaluran telinga dan menyentuh gendang telinga.

Hilang Sendiri

Sebenarnya tidak diperlukan perawatan apapun untuk mengatasi cegukan bayi. sebab cegukan itu secara berangsur akan hilang sendiri. namun bila orangtua merasa terganggu dengan cegukan tsb, yg bisa dilakukan adalah memberi minum susu atau air kepada si kecil. setelah beberapa kali isapan biasanya cegukan si kecil akan berhenti.

  • Filed under: Tips
  • Related Post


    15 Responses for "Bila Bayi Cegukan"

    1. elmo elmo May 26th, 2008 at 12:18 am 1

      *ceguk ceguk ceguk :D
      saya juga cegukan ni… gimana dunk? :D

      udah ga baby kan bun? nungging!! :D

    2. semut ireng semut ireng May 29th, 2008 at 7:38 am 2

      masalah cegukan, mestinya harus ada keterangan terusan, jangan putus. Mencermati artikel di atas……
      antara cegukan dengan keselek beda…
      Mengapa pada bayi lebih sering cegukan dari pada anak-anak atau bahkan orang tua sangat jarang cegukan? hal ini berkaitan erat dengan asupan oksigen yang diperlukan oleh tubuh dan kemampuan sel-sel alveoli paru-paru untuk menghisap udara. Pada saat bersamaan maka justru diafragma akan mengalami kontraksi ……..
      sedangkan keselek, karena pekerjaan yang berhubungan antara digestive organ dan respiratoris organ bekerja bersamaan, dsb……….

      hehehehe tau banyak ya om satu ini, thanks tambahannya om!

    3. baru punya bayi baru punya bayi October 13th, 2008 at 5:47 pm 3

      test cuba pake guek lai em punya teknik
      tempelin tissue kecil, 2 mm x 2 mm, pake air dikit, di kening kanan, kira kira 1 cm di atas bola mata, 100% berhasil, penjelasan ilmiah?
      lagi di cari

    4. baru punya bayi baru punya bayi October 13th, 2008 at 5:49 pm 4

      some old people believe u shd put a small piece of tissue that’s wet with cold water on the forehead, right above the middle part between the eyes. very small piece lah, like one cent coin..

      it works on my baby.. dunno why. hahaha.

      http://www.singaporemotherhood.com/forumboard/messages/578191/943115.html?1218883109

    5. gina gina May 25th, 2009 at 6:04 am 5

      kan di atas di jelaskan bahwa, setelah bayi di beri isapan asi beberapa kali cegukan tersebut akan hilang,,,tapi disini masalah pada keponakan pertama saya, cegukan itu belum hilang jg setelah si ibu memberi asi beberapa kali…

    6. papi nya quinsha papi nya quinsha August 9th, 2009 at 5:32 am 6

      Bayi ku cegukan biasanya klo abis mimik asi ato kedinginan, cara ngilanginnya biasanya dikasiin mimik asi lagi ato ditempelin benang dari benda (baju ato bantal) yang biasa dia pake lalu ditempelin ke kening. Its work lho..

    7. isma isma August 12th, 2009 at 2:19 pm 7

      Baru punya bayi juga, anak pertama,
      Biasanya bayi ak juga suka cegukkan, yg membuat ak sedikti khawatir, habis kasian juga..biasanya jika habis mimi susu..jika tidak di pok2an dadanya stelah mimi susu
      atau tidak menunggu bayi kita dahak..langsung kita baringkan dan bayi kita gumoh….nah…biasanya bayi ku langsung cegukkan tuh…yg saya lakukan adalah sama sperti diatas, saya ambil benang dan dibasahi dng sedikit air dan di tempelkan dikening bayi ak,,Inysa Allah cegukan akan hilang…eh..tapi kata orang cegukan biar cepet gede..(tp kasian jg klo cegukan trus,,,,,,)

    8. Pakna Emira Pakna Emira August 20th, 2009 at 9:37 pm 8

      wah…bikin aku tennang nih… maklum masih baru punya momongan. Anakku sering cegukan dibiarin juga tidak apa-apa ,cuman kasihan melihatnya.agar cegukannya berhenti saya kasih minum susu

    9. mabadik mabadik April 20th, 2010 at 2:42 pm 9

      sippp…. anak saya bisa berhenti sendiri cegukannya. saya “pinjam” tipsnya ya… saya mau posting di blog ane…

    10. Ibu Haura Ibu Haura May 19th, 2010 at 3:21 pm 10

      baru punya baby juga dab sering cegukan saya takut dia kedinginan aja karena saya juga suka cegukan kalau habis mandi. Biasanya saya kasih mimi susu juga.

    11. anna anna June 11th, 2010 at 9:55 am 11

      Law saya dkelitikin az kaki bayinya sampe nangis,pst ilang lgsg cegukannya^_^

    12. Punkidz Punkidz October 13th, 2010 at 1:07 pm 12

      Lalu bagaimana mengatasi CEGUKAN pada bayi GORILLA..??

    13. Pay Pay February 4th, 2011 at 6:02 am 13

      @punkidz : di timbun di dalam tanah aja gan

    14. putri putri April 8th, 2011 at 5:07 pm 14

      thx infonya, ma’lum baru punya baby jadi cemas. akan ku coba smua!!! hehehe….

    15. yusriadiansyah yusriadiansyah November 9th, 2011 at 11:00 am 15

      Alhamdulillah kalo bener cegukan bukan tanda suatu penyakit. bikin aku tennang nih… . Anakku sering cegukan dan dibiarin sampai hilang cegukannya ,cuman kasihan melihatnya. Thanks infonya…..


    Leave a reply


    My Links






    Meta

    Calendar

    May 2008
    M T W T F S S
    « Apr   Jun »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  

    UserOnline