Kode Segitiga Produk Plastik dan Bahayanya




Anda sering menggunakan lagi botol bekas air mineral? sebaiknya segera hentikan, karena botol seperti itu hanya untuk sekali pakai. Lebih baik anda berhati-hati dengan barang-barang yang menggunakan bahan dasar plastik, kenali tanda segitiga yang biasanya ada di bawah kemasan atau dibalik tutup botol, karena tanda inilah yang menentukan daya tahan dan tingkat keamanannya.


1. PET

PET Plastic

Plastik dengan kode 01 atau PET (Polyethylene Terephthalate) direkomendasikan hanya sekali pakai. biasanya banyak dipakai untuk botol kemasan air mineral, botol minyak goreng, jus, botol sambal, botol obat dan botol kosmetik. Kode 01 umumnya bercirikan berwarna bening atau jernih (transparan), semakin lama isinya berada didalam kemasan tersebut maka kandungan kimia yang terlarut semakin banyak pula, apalagi jika digunakan untuk menyimpan air hangat akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol akan meleleh dan menghasilkan zat bernama Karsinogenik (jika dikonsumsi dalam waktu lama dpt menyebabkan kanker).

Jika anda membeli air mineral dijalanan dan rasanya sudah berasa sesuatu (biasanya karena terlalu lama terkena panas matahari) lebih baik segera hentikan mengkonsumsinya. Ciri fisik plastik tipe PET adalah keras dan mengkilat, jika dibakar akan menimbulkan bau buah atau manis.

2. HDPE

HDPE Plastic

Plastik dengan kode 02 atau HDPE (High-density Polyethylene) direkomendasikan juga hanya sekali pakai. biasanya digunakan untuk botol obat, jerigen pelumas, botol kosmetik dll, ciri fisiknya berwarna putih susu, buram, terasa keras dan tidak mengkilat, jika dibakar akan berbau wax.

Bahan plastik ini memang dapat mencegah terjadinya reaksi kimia dengan makanan/minuman yang dikemasnya, tetapi seiring waktu pelepasan senyawa antimoni trioksida dapat terus meningkat. Jadi lebih baik jangan digunakan terlalu lama/sering tipe plastik berkode 02 ini.

3. PVC

PVC Plastic

Plastik dengan kode 03 atau PVC (Polyvinyl Chloride) merupakan zat yang paling berbahaya dan sulit didaur ulang, biasanya dipakai untuk selang air, pipa bangunan, mainan, taplak meja dari plastik, botol shampo dll. ciri fisiknya lebih lunak dibanding plastik lainnya dan mengkilat, jika dibakar akan menimbulkan bau klorin.

Jangan membungkus makanan yang panas dan berminyak dengan plastik tipe ini, karena berpotensi berbahaya untuk ginjal dan hati.

4. LDPE

LDPE Plastic

Plastik dengan kode 04 atau LDPE (Low-density Polyethylene), tipe plastik ini baik untuk menyimpan makanan. ciri fisiknya lunak dan fleksible, jika dibakar akan menimbulkan bau wax, biasanya digunakan untuk kantong kresek, tutup plastik, plastik pembungkus daging beku, dan berbagai macam plastik tipis lainnya.

5. PP

PP Plastic

Plastik berkode 05 atau PP (Polypropylene atau Polypropene), adalah bahan terbaik untuk tempat makanan dan minuman. ciri fisiknya adalah mengkilat, transparan tetapi tidak jernih atau berawan. Biasanya digunakan untuk gelas plastik, tutup botol, botol susu, botol minuman, mainan anak, dll.

Jadi carilah produk plastik yang menggunakan kode 05 untuk menyimpan makanan atau minuman anda.

6. PS

PS Plastic

Plastik berkode 06 atau jenis PS (Polystyrene), jika makanan berminyak dipanaskan dalam wadah ini menghasilkan zat bernama styrene yang dapat berpindah kedalam makanan, styrene juga bisa dihasilkan oleh asap rokok dan asap kendaraan, zat ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kanker, menggangu kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yg berakibat pada masalah reproduksi, menggangu pertumbuhan dan sistem syaraf. Bahan bertipe ini juga sulit didaur ulang.

Biasanya digunakan untuk kotak CD, sendok dan garpu plastik, gelas plastik atau tempat makanan dari styrofoam dan tempat makanan plastik transparan. jangan sekali-kali menggunakan bahan ini untuk membungkus makanan yang panas.

7. Other atau Lain-lain

Other Plastic

Plastik berkode 07 atau Other (O), dan jenis plastik lainnya selain dari no 01 – 06. Plastik tipe ini termasuk Polycarbonate yang mengandung Bisphenol-A yang berpotensi merusak system hormon juga berbahaya bagi tubuh. Tetapi ada juga bahan yang baik untuk lingkungan karena dapat diurai yang disebut bioplastik yang terbuat dari tepung jagung, kentang, atau tebu.

Lebih baik hindari botol susu bayi atau alat makan untuk bayi yang menggunakan kode 07.

Kesimpulan, plastik yang cukup aman digunakan adalah yang berkode 04 dan 05, namun konsumen jangan takut untuk menggunakan plastik, hanya sebaiknya lebih berhati-hati dan menggunakan plastik dengan bijaksana.tip

  • Filed under: Tips
  • Related Post


    22 Responses for "Kode Segitiga Produk Plastik dan Bahayanya"

    1. banglul banglul September 17th, 2008 at 12:34 am 1

      super duper GREAT!!!!!!!!!!
      thanks for sharing sir !

      ayo maen skate bareng*loh ga nyambung…

      hihehehehe…

      lho suka maen skate juga? AYO! :D

    2. Dendy Dendy September 17th, 2008 at 12:45 am 2

      jujur baru tahu

      wah baru tau?ditipi-tipi kan sering dibahas om? setidaknya sekarang udah tau kan :D

    3. spidolhitam spidolhitam September 17th, 2008 at 3:57 am 3

      hoi bos, sempat2e nge blog, jare kuwalahan :D

      *turu maneh

      hehehe ngeblognya malem2 om, dan mesti disempat2tin donk, wah koq turu maneh hehehehe

    4. jingga jingga September 17th, 2008 at 9:43 am 4

      wah..pdhl sukanya pake botol air minuman berasa buat isi lagi sama aqua :D

      blm pernah coba bakar2 plastik botol sih, cmn kalo botolnya leleh kena air panas ya gk dipake buat tempat minum lagi hehehe…….

      sama spt saya dulu dong hehehe, mesti dihindari sekarang tante.

    5. angie angie September 17th, 2008 at 10:13 am 5

      jd yg aman pake apa ? skrg semua2nya serba dibungkus pake plastik

      pake yang kode 4 atau 5, dan lebih baik plastik ngga boleh kena panas berlebihan.

    6. pitshu pitshu September 17th, 2008 at 2:21 pm 6

      kalo botol plastik enggak ada logo begituan, gemana taunya hahaha.. soalnya tempat isi aer di kos pakai termos plastik gitu hahaha… bahannya sih tebel hahaha cuma kalo aer kelamaan dan kepanasa kadang ada bauknya hahaha…
      lol!

      lha koq ketawa2 ngga jelas gitu?:D wah jika ngga ada logo diproduknya patut diwaspadai pit, soalnya tanda segitiga itu wajib ada.

    7. lutfi lutfi September 18th, 2008 at 1:34 am 7

      nice info om…. jadi tambah ngeh :D

      trims dan semoga berguna

    8. tipis tipis September 18th, 2008 at 3:33 am 8

      galon air mineral kode 7, padahal diisi ulang terus. botol minum susu bayi juga rata2 kode 7 padahal merek terkenal lo. tapi disamping kode angka, ada kode tambahan yg aman untuk makanan yaitu kode food grade yaitu gambar sendok dan garpu berjejer

      thanks atas info tambahannya om

    9. hehe hehe September 18th, 2008 at 1:58 pm 9

      hehehe ati2 bro jng mpe kna kanker ky gw! Hindari botol plastik sekarang! *mati karena kanker*
      Ps:kapan kawiin?

      he? serius kena kanker?

    10. yoppi yoppi September 18th, 2008 at 2:33 pm 10

      weleh…bisa2 balik lagi kayak jaman dolo lagi…pake kendi… :D

      lho kending enak lho om, bikin air kerasa adem dan segar hehehehe cuma emang ga efisien

    11. … ... September 18th, 2008 at 5:30 pm 11

      hah pipaureun euy!

    12. hehe hehe September 28th, 2008 at 5:52 pm 12

      ^
      Ga koq om gw g kna kanker just kidding

    13. Rosy Rosy October 29th, 2008 at 12:38 pm 13

      Wah bru tw da bgnian…mkch yah info nya sangat bermanfaat sekali…

    14. NISA NISA November 27th, 2008 at 1:15 pm 14

      Aku pernah ditawari teman botol minuman namanya magic energy bottle dari produk dimarco katanya itu bagus untuk kesehatan jika kita minum air yang ditaruh di botol tsb. tapi setelah kulihat kok dibawah botol tertera kode angka 7 (pc) berarti itu botol gak aman dong.Padahal harganya lumayan mahal lho….mohon tanggapannya dong sebab aku bingung nih….teman2ku dah pada beli dan ngrayu-ngrayu aku biar beli…

    15. YNa YNa December 23rd, 2008 at 5:03 pm 15

      anak2 saya yg duluan heboh kasih info klo bekas botol plastik minuman ga boleh dipake lagi. saya pikir ini cuma isyu, ga taunya di tipi ada beritanya. jd percaya deh :D

    16. Mainan bayi Mainan bayi March 9th, 2009 at 12:14 pm 16

      Thanks for ur kunjungi (di blog saya). happy nice day

    17. yoghi yoghi December 22nd, 2009 at 7:12 pm 17

      gw ci dh lama tw…

    18. sri nugroho sri nugroho June 30th, 2010 at 6:10 am 18

      how about tupperware,pls advice

    19. Arti dari Kode Plastik dan Bahayanya « ISAKUNIKI Arti dari Kode Plastik dan Bahayanya « ISAKUNIKI December 25th, 2010 at 2:11 am 19

      [...] Sumber: artiku.com [...]

    20. Kode plastik(aman atau ga?) « The adityas Kode plastik(aman atau ga?) « The adityas November 9th, 2011 at 1:25 pm 20

      [...] Di milis mpasirumahan ada yang share tentang Kode nomer dibawah kemasan plastik, botol mineral, botol susu dan kemasan lainnya. Kayanya kebetulan nyimpen gambar kode-kode plastik ini udah lama ada dilaptop, etapi ko pas dicari-cari ko malah ga nemu ya*garuk2 kepala*. Akhirnya tanya si mbah deh, nemu gambar2nya diambil dari sini. [...]

    21. diana diana March 4th, 2012 at 6:09 pm 21

      pengen tau produk plastik yang aman adalah tulipware. ada anti bakteri, BPA free, sebagian anti pecah. beli saja atau jadi member, hub sy.promosiii…

    22. nenden n r nenden n r April 21st, 2012 at 6:54 pm 22

      alhamdulillah akhirnya terbntu :)


    Leave a reply


    My Links






    Meta

    Calendar

    September 2008
    M T W T F S S
    « Aug   Oct »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930  

    UserOnline