Es Kutub Utara Mencair




Kutub utara mencair
Pertama kali terjadi setelah 125 ribu tahun, akhirnya es kutub utara mencair, foto satelit daerah kutub utara menunjukkan jalur Barat Laut dan Timur Laut di kutub utara terbuka secara bersamaan minggu lalu, ini adalah pertama kalinya manusia dapat berlayar mengelilingi kutub utara tanpa hambatan sama sekali, namun hal ini berarti proses pemanasan global terjadi lebih cepat daripada yang kita bayangkan.


Ilmuan dari universitas Bremen Jerman mempublikasikan sejumlah foto yang diambil dari satelit milik NASA yang menunjukkan jalur barat laut telah terbuka, sementara bongkahan es terakhir yang selama ini menutupi jalur yang menembus laut Laptev-Siberia mengarah ke Rusia juga telah mencair. Berita tentang hal ini juga dimuat di harian Independent Inggris 31 Agustus yang lalu.

Para ilmuan asal Amerika memperkirakan jika pemanasan global tetap terjadi maka dalam tempo 5 tahun musim panas di Kutub utara bakal tidak ada es sama sekali!, perkiraan seperti ini bisa muncul karena jumlah lapisan es yang telah mencari hingga saat ini seharusnya baru akan terjadi pada tahun 2050 mendatang.

Pada tahun 2005 jalur Timur Laut pernah sekali terbuka, tetapi jalur Barat Laut waktu itu tetap tertutup, dan tahun 2006 keadaannya berbalik, tetapi pada tahun ini kedua jalur tersebut terbuka secara bersamaan. Pihak yang paling mendambakan terjadinya hal ini adalah perusahaan pelayaran, sebab dengan terbukanya kedua jalur ini akan dapat memperpendek jarak tempuh pelayaran sebanyak ribuan mil.

Terbukanya jalur ini memperpendek jarak pelayaran antara Jerman dan Jepang sebanyak 4.000 mil dan sudah ada perusahaan pelayaran yang bersiap-siap untuk membuka jalur pelayaran melalui rute ini tahun depan.

Wow suatu saat nanti ketika bumi penuh bencana alam karena efek pemanasan global ini, sebegitu pentingkah harta yg sekarang kita kumpulkan dengan cara yang tidak baik untuk bumi kita ini ???

  • Filed under: Dunia Luar
  • Most Commented Posts


    100 Responses for "Es Kutub Utara Mencair"

    1. elmo elmo September 20th, 2008 at 10:13 pm 1

      huuuu..seyeeem!!

      iya serem bun, dipikir bumi ada banyak…

    2. caroline caroline September 21st, 2008 at 8:23 pm 2

      hiyyy… serem! ngebayangin kejadian gara2 global warming yang keik di film The Day After Tomorrow…

    3. hehe hehe September 21st, 2008 at 9:54 pm 3

      tp kt gw yg lbih serem tuw gombal warning! :P (ya ga elmo?) hehehe

    4. banglul banglul September 22nd, 2008 at 11:53 am 4

      waduuuww…
      dingin tuh berenang disitu…

      kacaoo nih bisa tenggelam nihh, pindah ke pluto ahhh, yukk.!!

      Es laut yang mencair, tak seperti gletser Greenland dan Kutub Selatan yang mencair, tak memberi sumbangan bagi kenaikan permukaan air laut, Namun, tanpa kilauan putih es laut untuk memantulkan sinar matahari, Bumi kehilangan apa yang disebut sebagian ilmuwan cuaca sebagai penyejuk udaranya, Makin sedikit es di sana, makin banyak air gelap di sana untuk menyerap radiasi sinar matahari yang hangat.

    5. reni reni October 29th, 2008 at 10:04 am 5

      enaknya supaya gak serem ….
      qta 2 sbg makhluk bumi berbuat ap ya….?

    6. rina ayu wardani rina ayu wardani October 31st, 2008 at 11:25 am 6

      so..mulai sekarang qt harus peduli ma yg namanya GLOBAL WARMING!!!!
      gak kebayang kan…kalo bumi gersang and musim panas semakin panjang…?pa lagi es di kutub utara pada mencair sebelum waktunya?
      serem kund…..????!!!

    7. Arini Arini February 14th, 2009 at 12:52 pm 7

      bentar lagi bumi kerendem ama air dr ktub!!!!!!
      itu berarti n’tar lag’ kiyamat……
      k’pengennya hidup selmnya,
      akibat global worming bumi n’tar lagi kiyamat

    8. diexenon diexenon March 6th, 2009 at 12:33 pm 8

      wo..,,,,! kita gak akan kekurangan air
      gak perlu beli air minum..

    9. iwan sukma iwan sukma March 17th, 2009 at 1:48 pm 9

      cpt atm lmbt ktb pst mncr,m jmlh org mkn bnyk n pnhi bumi.apapun yg trjd di bumi ini smua mengrh ke boomsday kok….! ya …klw kt org yg pny kykinn bhw akn ada khdpn ssdh kmtn, ya….siapkan aja bk2 mli skrg! heaven or hell-well.

    10. vina vina March 20th, 2009 at 9:56 pm 10

      huhuhu..

    11. ahmad maragi ahmad maragi April 9th, 2009 at 7:48 pm 11

      Pada saat sekarang kondisi suhu, dan cuaca yang tidak menentu kadang membuat tingkat stress yang sangat tinggi pada tiap orang, ini disebabkan polusi udara, saya sering kali berpikir kalo seandainya empat belahan dunia ini para penelitinya konsen untuk melakukan penemuan dalam hal, pembuatan teknologi pabrik yang limbah asap atau cairnya, ketika dikeluarkan menghasilkan olahan berupa O2, dan dilain pabrik limbahnya diolah untuk menghasilkan H2O, maka udara akan dipenuhi dengan O2 dan H2O, langit kita akan kembali biru, tanaman akan mendapatkan makanan mereka untuk membantu ber potosinstesis dan manusia akan merasakan udara yang bersih.
      Saya yakin dari makhluk diseluruh dunia ada 1 atau beberapa orang yang berhasil menemukan teknologi ini.
      Pemanasan global tidak akan terjadi, kutub utara akan tetap terjaga, bumi akan tetap segar

    12. herman herman April 18th, 2009 at 11:52 am 12

      oooooooooooh

      amazing

      god bless us

    13. ephendhy ephendhy May 22nd, 2009 at 10:59 pm 13

      ehm…kalo gini terus mau jadi apa bumi kita ini???
      kl manusia sendiri ga peduli apa yang akan terjadi dengan bumi tempat kita tinggal ini??
      mereka cuma tau kepentingan mereka sendiri…
      pesen gua ya…bnyak2 berdoa aja dech…

    14. anietha aprilia anietha aprilia May 30th, 2009 at 9:07 pm 14

      kalo sempet ” tuh ” terjadi KIAMAT DONK wuih wuih wuih serem bisa mati kedinginan gue

    15. yossi yossi July 23rd, 2009 at 2:46 pm 15

      jngan smpai kutub utara cair

    16. yossi yossi July 23rd, 2009 at 2:48 pm 16

      bentar lagi bumi kerendem ama air dr ktub!!!!!!
      itu berarti n’tar lag’ kiyamat……
      k’pengennya hidup selmnya,
      akibat global worming bumi n’tar lagi kiyamat

    17. lin” lin" August 2nd, 2009 at 9:55 am 17

      Huwaa…>,< nge….ri…..deh!!! -_-
      Sekarang percaya aj bhwa Tuhan akn menyelamatkan ktqa muanya, yg penting percaya!!! Dan bertindak, bukan hanya ngomong aj!!!!

    18. revo revo August 7th, 2009 at 9:30 pm 18

      istqfr……..mo kiamat

    19. lily lily August 18th, 2009 at 2:55 pm 19

      iiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhh
      jngn sampe serem bget sich

    20. supami supami September 11th, 2009 at 2:30 pm 20

      za……………knp air na gag dimzxin ke kulkaz ja gie xan nnti jdi membuxu xan,,,,,,,,,tow gag dikuraz ja dech tyuz air na nnti bagi2in sama daerah yg kekeringan byar gag mubadirrrrrrrrrrrrrr

    21. ♀ScouT♀ ♀ScouT♀ October 13th, 2009 at 3:23 pm 21

      Ahhhhhhh T_T mami…Papi….. aQ takuTTTTT…tapi we Juga seneng klo dingin…tapi kLo dinginnya sumbernya dari Kutub isa bahaya…. dddddd…dddd QTA KUDO INGET KLO KITA HARUS MENJAGA BUMI DARI GLOBOL WORMMONG !!!!iTz WokewY ???…&&&

    22. refky refky October 14th, 2009 at 2:50 pm 22

      kasian yach bumi kita. tapi sebelum lebih banyak mencair nya kita harus lebih banyak berdoa supaya bumi kita ini d jauh kan dari mara bahaya and kita juga harus menyadari bahwah mungkin kejadian2 yang terjadi d tempat kita salah satu dampak nya……

    23. fyulye fyulye October 23rd, 2009 at 8:53 am 23

      masak sEch ntU bNeRan t’jd. . !!!!!!!!!
      Astagfirullah hal adzim. . .!!!!!!!!!!!

    24. fieka fieka October 23rd, 2009 at 3:35 pm 24

      aQ takut

    25. desy yanti desy yanti October 26th, 2009 at 12:26 pm 25

      knp smw ini mesti trjdi?????beanrkah dunia ini mau kiamat????trus kmn manusia2 akan berlari untuk melangsungkan hidupnnya?????

    26. trie trie October 27th, 2009 at 3:08 pm 26

      wah……wah…..bencana lagi jadi trend yah……..seruu……….! udah kayak d film2……hehhehehehehehehehheh kira2 sapa yah pahlawan dunia kita nanti? edward kullen?or trie????/?hehehhehehehhehehehhe

    27. dam dam October 28th, 2009 at 9:51 pm 27

      yah mudah2an ga akan jadi… banyak2lah ngedoa dan bertobat!!!!!!!

    28. pun pun October 28th, 2009 at 9:53 pm 28

      meuni sararien…kabeh oge aya waktosna . kalem weh kalem

    29. detistia detistia October 29th, 2009 at 4:58 pm 29

      serem bgt !dan stauku slah satu pulai kecil diINDONESIA akan tenggelam karena mencairnya es di kutub utara dan pada thn 2012 semua manusia di INDONESIA berhenti mkan daging!!!!!!! dan itu hanya setauku

      SEMOGA ITU TIDAK AKAN TERJADI!!!!!!!!!!!
      bantulah dengan DO’A

    30. DEVID DEVID October 29th, 2009 at 5:04 pm 30

      duch cerem banget cihhhhhhhh aneh2 aja detistia tu. aq sich g begitu percaya,tp percaya2 dikit dan aq juga pernah denger berita tu juga

      ATUUUUUUUUUUUUUT!!!!!!!!!!!!

    31. detistia detistia October 29th, 2009 at 5:16 pm 31

      yah!aku takut bgt gmana klo smua itu bner
      terjadi ,aku tahu sedikit caranya karena semua musibah datang dari tuhan dan kita hanya bisa untuk berusaha !tapi agar semua tidak terjadi kita tidak boleh menyepelakan sesuatu/hal yang kecil and kita hrus perduli dengan semuanya,entah tentang lingkungan,sosial dll.

    32. DEVID DEVID October 29th, 2009 at 5:19 pm 32

      dududuh takut banget nich aq, tp memang ini perbuatan manusia, dan manusia harus menerima semua kenyataan ini, kapan ya manusia bisa sadar atas semua kesalahannya?????? jadi bingung atu.

    33. DEVID DEVID October 29th, 2009 at 5:23 pm 33

      akibat semua ini aq jdi sadar bahwa aq, pernah melukai hati indonesia ini, dan aku g akan ngulangin perbuatan itu kembali… @_@

    34. devid devid October 30th, 2009 at 4:23 pm 34

      ternyata menakutkan banget lo gimana klo indonesia, tenggelam karena mencairnya es di kutub utara itu…

    35. nanda nanda November 3rd, 2009 at 3:42 pm 35

      allah maha besar

    36. susi susi November 14th, 2009 at 3:06 pm 36

      serem bangetz…..
      seMOga kita MUlAi sADar deNGn APa yang terjadi saat ini…. bumimu adalah hidup mu

    37. BIRIN BIRIN November 17th, 2009 at 11:27 am 37

      waduuuhhh_____ mungkin pas kiamat tukang aer kaga lakuuu+++…

    38. hendry hendry November 24th, 2009 at 3:21 pm 38

      buseeeet
      kalo pemanasan global makin meningkat nasib anak cucu kita gmana??
      jgn sampai ada tsunami yang lebih besar deh
      makanya jangan pakai plastic sama sterofom banyak2!!!

    39. faishal ardan faishal ardan December 5th, 2009 at 7:06 pm 39

      ihh serem buanget

    40. Reza Ardiansyah Reza Ardiansyah December 27th, 2009 at 12:15 pm 40

      Kapan lagi kita jaga bumi kita….
      Jgn berfikir jauh kita jg lingkungan sekitar kita…biar lebih hijau lagi paling ga…ngurangin dampak pemanasan global…
      Ayo kita jaga dunia kita tempat kita bernafaz…
      Dan numpang hidup didunia nie….ok
      Demi Dunia kita….

    41. turay turay January 9th, 2010 at 9:54 am 41

      seram banget………………!!!!!!!!! ya bnyk2 berdoa aja deh

    42. erik erik January 17th, 2010 at 9:36 pm 42

      pusing gue telp w ya 087861133355 gue erik denpasar

    43. agung agung February 21st, 2010 at 8:27 pm 43

      wihhh serem lo dunia akn tengelam bila es di kutub mencair… mari selamatkan dunia kita

    44. dhedhe dhedhe March 6th, 2010 at 7:30 pm 44

      takut bgt klo emank bner” trjadi

    45. Jonathan Jonathan April 14th, 2010 at 10:58 am 45

      cihuy I’can swim anywhere . . .

    46. PEPEN BASS PEPEN BASS April 28th, 2010 at 11:44 am 46

      SADARLAH WAHAI MANUSIA AKAN KESERAKAHAN,,,,!!!!!!!!

    47. velina velina April 29th, 2010 at 5:36 pm 47

      makanya stop belajar… tau khan belajar pake buku, buku itu khan terbuat dari kertas, kertas itu dari pohan, jadi banyak baca buku artinya banyak nebang pohan makanya STOP belajar untuk mencegah global warming….

      hehehehehehehehehe……..
      b’canda

    48. nanaka nanaka May 10th, 2010 at 7:20 am 48

      STOP GLOBAL WARNING!!!!!!! one man,one TREEs please!

    49. nuu nuu May 14th, 2010 at 8:11 am 49

      waduh…..gmna donk??

    50. ipung ipung May 19th, 2010 at 11:23 am 50

      seandainya th depan benar benar dibuka pelayaran yang memperpendek jalur ant jerman dan jepang lewat kutup utara betapa memiriskan hati karena akan lebih mempercepat mencairnya es di kutub yang akan beakibat fatal bagi kehidupan bumi iniiii, sadarlah wahai insan janganlah membuat kerusakan di bumi ini

    51. ipung ipung May 19th, 2010 at 11:28 am 51

      apa yang terjadi seandainya benar-benar dibukan jalur pelayaran yang memperpendek jalur pelayaran jerman dan jepang lewat kutub utara. waaaah ini mempercepat mencairnya es di kutub utara donk

    52. dy dy May 23rd, 2010 at 9:12 pm 52

      ternyata keadaan alam kita ini salah satu tantangan terbesar dunia saat ini,……menurut logika saya………alam itu selalu berkaitan sohid (Sodara Hidup) sekalian ada salah satu timbal balik di setiap daerah. di atas di jelaskan bahwa 20 th ke depan kutub es mencair karena pemanasan GLOBAL, tapi coba kita renungkan di balik prediksi 20 th kutub itu mencair baru 20 th kedepan prediksi pulihnya atmospir di kutub utara bahkan tidah lebih jauh dari itu prediksi pulihnya atmospir dunia…….dan yang harus menjadi pertanyaan sekarang adalah……………::
      1. mana yang harus di perbaiki lebih dulu…??
      kutub utara atau atmosfhire..??
      jika kutub utara di perbaiki lebih dulu….itu mungkin lebih efektif sambil menungu pulihnya atmosfhire tetapi jika menunggu atmosphire lebih dahulu di perbaiki dan itupun hanya prediksi dimana hal-hal yang baru dan zat-zat perusak baru yang akan datang dan mungkin belum terdeteksi sampai saat ini,mungkin para ahli sendiri telah dapat setidaknya memikirkan kondisi seperti ini,tetapi yang harus di garis bawahi adalah…logika saya mengatakan ………….
      ” ATMOSPHIRE” INI dapat di tambal secara langsung,selain dengan cara alami yang di terapkan sekarang ini yang sudah dijalankan di seluruh dunia………..

    53. intan intan June 14th, 2010 at 3:28 pm 53

      uhhhh takut!!!!!
      jangan sampai itu terjadi!

    54. mukti mukti June 17th, 2010 at 1:18 pm 54

      woi sadar tuh ………

    55. yunita yunita July 3rd, 2010 at 11:58 am 55

      Jika kutub utra mencair seluruhnya,pasti kemungkinan besar bumi ini akan menjadi lautan semuanya.

    56. Yelindra Yelindra July 23rd, 2010 at 6:35 pm 56

      Kalau kutub utara mencair pasti dunia akan kiamat…………………………………………………..

    57. Yelindra Yelindra July 23rd, 2010 at 6:38 pm 57

      aku memohon perlindungan allah dari semua kesedihan itu..

    58. surya setiawan surya setiawan August 13th, 2010 at 8:27 am 58

      manusia di bumi ini tidak akan berhenti untuk mengekploitasi alam.

      bencana alam yang terjadi dalam skala yang sangat besar baru mampu membuat manusia berpikir akan kesalahannya merusak lingkungan demi kepentingan materi semata.

    59. tyas tyas August 14th, 2010 at 5:00 pm 59

      wah serem juga kalo es ktutb utara mencair…

    60. Uushasan Uushasan August 18th, 2010 at 11:39 am 60

      Kiamat sudah dekat alhamdulillah

    61. annisa annisa August 18th, 2010 at 2:27 pm 61

      ya mga2 aja dunia baik2 aj dech……srem bgt ya….

    62. rere rere August 18th, 2010 at 7:55 pm 62

      gue ikut sedih atas kejadian ini semua mudah2an ada keajaiban dri tuhan yg maha kusa

    63. dedew dedew August 18th, 2010 at 8:31 pm 63

      bumi cuma satu…penciptaan bumi oleh Allah swt sgt berarti. manusia dijadikn khalifah dmuka bumi. namun syg bumi ini byk di buat rusak. jadi tak heran AlQuran sdh ada menegaskan bahwa “telah nampak kerusakan di darat dan di laut akibat perbuatan tgn manusia” Ar-Rum: 41. sdrlah manusia sblm telat

    64. fitroh fitroh August 19th, 2010 at 4:34 pm 64

      aqqu percaya 0bhwa allah itu membuka maaf kita dan mmberi kesempatan untuk brtobat,,,,
      brdoa sdja spaya kita d slamatkan darie maha bhaya ,,,amin

      iiiiiiiiiiiiii serm bnget ea kalaw kutub utara mencair

    65. sarah.afsary sarah.afsary August 19th, 2010 at 4:38 pm 65

      iiihhhh takut gmna nsib indonesia….. banjir doonnkkk???

    66. gie kutil gie kutil August 19th, 2010 at 8:32 pm 66

      kalau es di kutub utara mencari kita pindahin aja ke planet lain pake selang biar g ke banjiran……….bila perlu semprotin ke matahari biar agak ademan dikit……….

    67. Gadis She Gadis She August 19th, 2010 at 8:45 pm 67

      WAH…………………GAWAT ES KUTUB UTARA……………. AKAN SEGERA MENCAIR PADA TAHUN INI .JADI ORANG KUTUB UTARA HARUS WASPADA…………………….. . KALAU SUDAH MENCAIR JANGAN PINDAH DI WILYAH INDONESIA NANTI BISA TERKENA MUSAIBAH……………………………………
      Wk……………..wkwkwkwk……………………..wkwkwkwk……..

    68. rafi rafi August 20th, 2010 at 2:52 pm 68

      alhamdulillah

    69. ulul ulul August 20th, 2010 at 9:33 pm 69

      nasib bumi ada di tangan manusia,
      benar tuhan yang menentukan, tapi kalau tidak ada usaha manusia, nasib bumi tidak akan berubah…
      mari kita jaga bumi kita

    70. Cewek pa Cowok? Cewek pa Cowok? August 20th, 2010 at 11:45 pm 70

      Worry,worry!!!!!!!!

    71. Nurvayanti Nurvayanti August 21st, 2010 at 7:42 am 71

      Aduuh serem ya…Brrti khdupan di Bumi bentar lg dong…Ya perbaiki akhlak thech mulai dr skrng… Ampun ya Allah….

    72. wulan wulan August 21st, 2010 at 10:22 am 72

      sereeeeemmmmmmmmmmm
      ketinggian permukaan laut akan naik 6-7 meter,, kemungkinan besar pulau-pulau terpencil didearah maluku akan tenggelam….!!!!!

    73. i i August 21st, 2010 at 2:36 pm 73

      serem…..

    74. i i August 21st, 2010 at 2:38 pm 74

      klau bner” mncair indonesia psti tngglem….

      q mau bkin perahu plastik achk..bwt prsiapan…
      wkwkwkw…..

    75. naufal naufal August 21st, 2010 at 3:12 pm 75

      astagfirullah hal azim jangan sampai hal itu terjadi sampai indonesia

    76. widya widya August 21st, 2010 at 6:35 pm 76

      uuhhhh sereeemmm……ea kutub utara mencair jangan” indonesia ikut tenggelam ????????

    77. rummy80 rummy80 August 22nd, 2010 at 1:32 pm 77

      sdh saatnya bertafakur merenungi kesalahan dan dosa,suhannallah dan bersyukur kita msh diberi sentilan kecil bt berbenah diri sebelum sentilan besar kt arungi..ALLHUAKBAR…

    78. Rathie Rathie August 23rd, 2010 at 2:12 pm 78

      bumi udah lapuk cueyyyyyy
      yang belum nikah buruan tancap gazt

      mmm hari gini, saat kondisi bumi semakin parah …
      aktivis negri ini masih mikirin bumi pertiwi tidak yaghhh,
      atau malah membiarkan anjing-anjing birokrasi
      menggerogoti rakyat kecil????????????????????????????_

    79. satryo eko satryo eko August 26th, 2010 at 12:35 pm 79

      mboyak, mandak ra teko ngawi !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    80. siska mustika siska mustika August 26th, 2010 at 3:28 pm 80

      kalo msalkan mncair brrti bukkan lautan api atw lautan biru haha jd lautan es donk

    81. Mr. Jeck Mr. Jeck August 28th, 2010 at 3:35 am 81

      Ingatlah wahai manusia, bhwa tuhanmu menciptakan bumi &isix dlm k adaan sempurna, dan karna ulh mu juga yg merusak akhir semua fanomeni & bencna bermunculn, inga . . Inga . . Inga lah akn hal itho.

    82. arema arema August 31st, 2010 at 4:34 pm 82

      aduhhhhh takut nihhhhh..semoga bumi kita selamat yaaaaaaaaa………..

    83. fauzi fauzi September 3rd, 2010 at 11:21 am 83

      bayak2 tobat.mudah-mudahan jngan sampai terjadi?amin

    84. rifqi rifqi September 12th, 2010 at 8:55 pm 84

      betul3 banyaklah berdoah kepada allah swt

    85. ndy ndy September 13th, 2010 at 4:01 pm 85

      bnyak banyak lah beribadah..

      suruh aj amerika bikin kulkas yg gde..bwat ktub utara …..
      :)

    86. fadhila irfan fadhila irfan October 31st, 2010 at 10:30 am 86

      no commend

    87. nak cakepp nak cakepp December 13th, 2010 at 11:12 pm 87

      hmmm menurut aku sich sebagai umat manusia kta hrs mnjga lngkngn jngn mmbuang smph d sungai,rumah kaca harus dihindarkan,global warming, ahh… mngkn itu . q kgak tau lg heran d negra sndri mlah jd bngung gra2 smph nmpk d mna2 sungai,jalan . gk seperti negara2 laen bersih sejuk . oke bwt kamu smwa agr bumi kta trjga ayooo menanam 1000 milyar pohon bnyak phon bnyk rzeki yea kn .. bza jd miliarder doonk.

    88. Fenomena Alam Akhir Zaman: | millat Fenomena Alam Akhir Zaman: | millat February 27th, 2011 at 6:43 pm 88

      [...] Wow suatu saat nanti ketika bumi penuh bencana alam karena efek pemanasan global ini, sebegitu pentingkah harta yg sekarang kita kumpulkan dengan cara yang tidak baik untuk bumi kita ini ??? (Sumber:http://www.artiku.com/2008/09/20/es-kutub-utara-mencair/) [...]

    89. kenZie_cIprUt kenZie_cIprUt March 4th, 2011 at 8:38 am 89

      yuch….
      ea ea klo kutub utara mencair,,, seluruh dunia akant tenggelam
      srem bgt ta???????????

    90. Legacy Band Legacy Band April 7th, 2011 at 5:16 pm 90

      Bayangin klo bumi ketutup air smua…. allahu akbar

    91. Jika kutub utara mencair ,seperempat bumi akan kebanjiran « My Blog Jika kutub utara mencair ,seperempat bumi akan kebanjiran « My Blog April 27th, 2011 at 4:21 pm 91

      [...] ke masalah es cair di kutub utara, sebenarnya ini bukan pertama kali, setidaknya tahun 2008 sudah ada berita tentang ini dimana es disana [...]

    92. thiiita thiiita July 11th, 2011 at 1:50 pm 92

      mka na kita sebagai manusia harus melestarikan bumi :)

      es nnyyy cair thu di sebabkan kita lalai

    93. Es Kutub Utara Mencair, Jika Mencair Total Maka Seperempat Wilayah Bumi Kebanjiran Es Kutub Utara Mencair, Jika Mencair Total Maka Seperempat Wilayah Bumi Kebanjiran July 12th, 2011 at 3:40 pm 93

      [...] ke masalah es cair di kutub utara, sebenarnya ini bukan pertama kali, setidaknya tahun 2008 sudah ada berita tentang ini dimana es disana [...]

    94. Apakah manusia harus menunggu 40 tahun lagi sebelum menyadari dampaknya bagi kehidupan di bumi? : Warta Warga Apakah manusia harus menunggu 40 tahun lagi sebelum menyadari dampaknya bagi kehidupan di bumi? : Warta Warga November 13th, 2011 at 5:58 pm 94

      [...] Es Kutub Utara Mencair Pertama kali terjadi setelah 125 ribu tahun, akhirnya es kutub utara mencair, foto satelit daerah kutub utara menunjukkan jalur Barat Laut dan Timur Laut di kutub utara terbuka secara bersamaan minggu lalu, ini adalah pertama kalinya manusia dapat berlayar mengelilingi kutub utara tanpa hambatan sama sekali, namun hal ini berarti proses pemanasan global terjadi lebih cepat daripada yang kita bayangkan. Ilmuan dari universitas Bremen Jerman mempublikasikan sejumlah foto yang diambil dari satelit milik NASA yang menunjukkan jalur barat laut telah terbuka, sementara bongkahan es terakhir yang selama ini menutupi jalur yang menembus laut Laptev-Siberia mengarah ke Rusia juga telah mencair. Berita tentang hal ini juga dimuat di harian Independent Inggris 31 Agustus yang lalu. Para ilmuan asal Amerika memperkirakan jika pemanasan global tetap terjadi maka dalam tempo 5 tahun musim panas di Kutub utara bakal tidak ada es sama sekali!, perkiraan seperti ini bisa muncul karena jumlah lapisan es yang telah mencair hingga saat ini seharusnya baru akan terjadi pada tahun 2050 mendatang. Pada tahun 2005 jalur Timur Laut pernah sekali terbuka, tetapi jalur Barat Laut waktu itu tetap tertutup, dan tahun 2006 keadaannya berbalik, tetapi pada tahun ini kedua jalur tersebut terbuka secara bersamaan. Pihak yang paling mendambakan terjadinya hal ini adalah perusahaan pelayaran, sebab dengan terbukanya kedua jalur ini akan dapat memperpendek jarak tempuh pelayaran sebanyak ribuan mil. Terbukanya jalur ini memperpendek jarak pelayaran antara Jerman dan Jepang sebanyak 4.000 mil dan sudah ada perusahaan pelayaran yang bersiap-siap untuk membuka jalur pelayaran melalui rute ini tahun depan. Wow suatu saat nanti ketika bumi penuh bencana alam karena efek pemanasan global ini, sebegitu pentingkah harta yg sekarang kita kumpulkan dengan cara yang tidak baik untuk bumi kita ini ??? (Sumber:http://www.artiku.com/2008/09/20/es-kutub-utara-mencair/) [...]

    95. mahabah mahabah November 27th, 2011 at 3:41 pm 95

      tobat zz, sblum dtangnya ssuatu yg tdk kta inginkan,,,,,,,,, smoga kta terlindung dri hal2 yg sprti itu, amin………

    96. william william January 31st, 2012 at 12:28 pm 96

      dibutuhkan kesadaran dalam diri manusia masing melihat hal ini. Manusialah yang berbuat dan menanggung akibatnya sendiri.

    97. FENOMENA ALAM AKHIR ZAMAN: ES KUTUB UTARA BENAR-BENAR MENCAIR!! | Bayt al-Hikmah Institute FENOMENA ALAM AKHIR ZAMAN: ES KUTUB UTARA BENAR-BENAR MENCAIR!! | Bayt al-Hikmah Institute September 14th, 2012 at 11:13 am 97

      [...] Wow suatu saat nanti ketika bumi penuh bencana alam karena efek pemanasan global ini, sebegitu pentingkah harta yg sekarang kita kumpulkan dengan cara yang tidak baik untuk bumi kita ini ??? (Sumber:http://www.artiku.com/2008/09/20/es-kutub-utara-mencair/) [...]

    98. FENOMENA ALAM AKHIR ZAMAN: ES KUTUB UTARA BENAR-BENAR MENCAIR!! | arwinnyingnying FENOMENA ALAM AKHIR ZAMAN: ES KUTUB UTARA BENAR-BENAR MENCAIR!! | arwinnyingnying September 15th, 2012 at 11:36 pm 98

      [...] Wow suatu saat nanti ketika bumi penuh bencana alam karena efek pemanasan global ini, sebegitu pentingkah harta yg sekarang kita kumpulkan dengan cara yang tidak baik untuk bumi kita ini ??? (Sumber:http://www.artiku.com/2008/09/20/es-kutub-utara-mencair/) [...]

    99. kutub utara dalam bahaya | petualang dunia maya kutub utara dalam bahaya | petualang dunia maya September 26th, 2012 at 9:30 am 99

      [...] Wow suatu saat nanti ketika bumi penuh bencana alam karena efek pemanasan global ini, sebegitu pentingkah harta yg sekarang kita kumpulkan dengan cara yang tidak baik untuk bumi kita ini ??? (Sumber: http://www.artiku.com/2008/09/20/es-kutub-utara-mencair/) [...]

    100. caha shakina putri caha shakina putri March 28th, 2014 at 7:54 pm 100

      kita harus menghemat listrik agar itu tidak terjadi ada lagi kita harus rajin sholat ngaji agar itu tidak terjadi saya juga akan rajin sholat ngaji


    Leave a reply


    My Links






    Meta

    Calendar

    September 2008
    M T W T F S S
    « Aug   Oct »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930  

    UserOnline