Bahaya Gigi Berlubang




 bahaya sakit gigi

Jangan remehkan gigi berlubang, karena gigi berlubang tidak hanya berhenti di abses gigi namun juga harus waspada terhadap ancaman fokal infeksi seluruh tubuh, Hal ini diangkat dalam diskusi bertema “Meningkatnya konsumsi gula di Indonesia VS Komplikasi akut pada gigi”.


“Fokal infeksi akibat racun dan sisa kotoran maupun mikroba memicu terjadinya infeksi pada gigi dan mulut kemudian menyebar ke anggota tubuh lain”, kata Dr Tengku Nahdar di Jakarta selatan hari jumat.

Selama ini mungkin masyarakat belum mendapatkan informasi mengenai bahaya penyakit gigi, hal ini perlu segera disosialisasikan ke warga, kebanyakan warga masyarakat masih menganggap penyakit gigi maupun mulut adalah hal biasa, namun setelah parah baru mereka berkonsultasi ke dokter.

Dari data survei kesehatan rumah tangga (SKRT) 2004 yang dilakukan oleh departemen kesehatan menyebutkan prevalensi karies (berlubang) gigi di Indonesia adalah 90,05 persen. Fakta lainnya adalah orang Indonesia yang menderita penyakit gigi dan mulut tersebut bersifat agresif kumulatif, artinya daerah yang rusak tersebut menjadi tidak dapat disembuhkan.

Penyakit gigi merupakan jenis penyakit di urutan pertama yang dikeluhkan masyarakat. Berdasar hasil survei dinas kesehatan tahun 2001, penyakit gigi dikeluhkan 60 persen penduduk Indonesia. Selain itu tanpa disadari keluhan penyakit gigi juga berdampak merosotnya produktivitas penderita, kebanyakan berhenti beraktivitas antara 2,5 hari sampai 5 hari.

Jadi sekarang anda sedang mengalami masalah dengan gigi anda? segera periksa ke dokter, jangan khawatir dokter gigi jaman sekarang sudah dilengkapi alat yang canggih dan nyaman, rasa sakit hampir tidak ada. Jadi jangan takut pergi ke dokter gigi!

 foto dari getfrank.co.nz

  • Filed under: Tips
  • Most Commented Posts


    21 Responses for "Bahaya Gigi Berlubang"

    1. jimmy jimmy July 6th, 2009 at 11:43 pm 1

      iya katanya penyakit gigi bisa sampai berpengaruh ke jantung.. harus rajin2 sikat gigi & 6 bulan sekali kontrol ke dokter gigi nih..

    2. kindly kindly January 31st, 2010 at 11:31 am 2

      sumpah!! bnr bgt !! dr skg qta sdh kudu wear sm yg nm nya kesehatan gigi..sakit gigi?? rs ky di cabut nyawa n badan rs ky mati rasa !!..

    3. Puri Puri February 5th, 2010 at 8:29 pm 3

      Gigiq berlubang.Maunya se periksa ke dokter gigi tp takut.Kalo dibiarin,dampaknya gmna?

    4. iren iren April 20th, 2010 at 7:07 am 4

      gigi q parah bget.ditengah2e yg berlubang,uda ditumbuhi daging.klo waktu e sakit,sakit bget.kata drg dsuruh nyabut aja.tp ga brani2 ampek skrg.hehehe

    5. delvina delvina July 12th, 2010 at 3:35 pm 5

      skrg sy sdng mengalami sakit gi2,udh berlubang,senut2 malahan,,,,,
      aq takut nti jd akut..
      mw dicabut,tp gk bolh ma ortu….
      berbagai cara qu lakukan namun hanya sesaat,,,,
      plis donk,,gimana solusi ny untuk gigi aQ…

      Halo Devina, lebih baik anda segera menghubungi dokter gigi terdekat, perisa gigi anda, tidak perlu mencabut gigi kalau memang masih bisa dirawat dan ditambal. coba konsultasikan dengan dokter giginya. jaman sekarang dokter gigi tidak sakit, jadi tidak perlu takut ke dokter gigi. semoga cepat sembuh ya.

    6. dian dian January 24th, 2011 at 6:02 am 6

      2 minggu yg lalu sy menambal gigi atas bgian dalam sebelah gigi taring, setelah 3 hari gigi yg sdh ditambal td nyeri sekali, apalagi jk tersenggol makanan. Kmdn sy makan obat antibiotik dan anti radang. Seminggu kemudian sy tdk merasakan sakit lg digigi sy, tp bbrp hari ini sy br menyadari jk bagian atas gusi sy yg bertepatan dg bawah pipi sakit sekali, kalo sy lihat warnanya merah. Bagaimana dg keadan gigi sy dokter? Apakah urat syaraf sy sdh kena dan infeksi? Mhn jawabannya. Trims

    7. eci eci February 23rd, 2011 at 5:04 pm 7

      saya mau nanya..
      gigi geraham bawah saya dua” nya berlubang..
      yg satu udh sy tambal, yg satu lg udah gak bisa di tambal bahkan di suruh cabut..
      malahan gigi sy yg di tambal setiap hari nyilu, pdahal udah permanen tapi tambalannya jadi menciut..
      prtanyaan sy, apakah yg terjadi pada gigi sy?
      bgaimana merawat gigi yg udah d tambal?
      kalo geraham di cabut bisa tumbuh lg gak?
      mohon jwban scepatnya ya. . trims

    8. dealer pulsa dealer pulsa May 30th, 2011 at 11:57 pm 8

      thanks atas infonya nih gigi berlubang n mulai terasa sakit alisa ngilu

    9. mochtar mochtar October 7th, 2011 at 10:14 pm 9

      dear..
      umur saya 28 th
      saya selaku admin blog mochtar.com
      gigi saya sudah di cabut 2 ekor 1 th yang lalu bagian geraham samping kanan dan kiri bawah semua , namun sekarang geraham sebelah kanan paling ujung sakit sama yang bagian atasnya juga sakit banget jadi ada 2 ekor yang sakit kemudian hari ini tambah 1 lagi yang sakit sebelah kiri atas gigi bagian ujung belakang sakit berlobang jadi total gigi saya yang sakit sekarang 3 ekor ,tiap hari saya mbrebes ini mata ( mbrebes bahasa gaul’na menangis ) jadi kalau posisi sakit nyut – nyutan begini apakah bisa di cabut gigi dari 3 ekor yang sakit tersebut , hampir 2 bln ini saya tersiksa sakit tak tertahankan, ma’af sebelumnya saya belum pernah berkunjung ke dokter , namun jika langsung dicabut kira-kira bisa kagak ya , soalnya ketika saya menulis ini juga saya sedang menahan sakit yang amat sangat banget , mohon pencerahan nya….

    10. heni heni October 12th, 2011 at 11:28 am 10

      saya udh ngalami cabut gigi dr kls 1 sma dl (th 99).waktu itu cabut gigi geraham kanan bag atas.trs th 2003an cabut geraham kiri yg paling dpn. skrg dah ada lg yg brlubang gigi geraham kiri no.2 dr blkg sama geraham kanan atas paling blkg (pdhl ini paling bontot tumbuhny).kata dokter krn waktu kecil aku terbiasa minum antibiotik akhirnya gigiku jd rapuh + warnanya gak cemerlang :( pdhl aku rajin gosok gigi :( skrg 2 gigi yg berlubang tengahnya dah ditumbuhi daging..jarang sakit sih..klo sakit ya cm bentar.. aku takut klo hrs cabut lagi.. ntr gigiku hbs..mdh2an gak bahaya sampi aku tua nanti.. amiin ..

    11. rita ui rita ui November 24th, 2011 at 2:47 pm 11

      Sumpah skt bngt gigi saya smpai skt kpl.bnr trsiksa.

    12. fitri fitri December 16th, 2011 at 1:39 pm 12

      saya gadis 23 tahun,saya sudah 14 tahun menderita gigi relubang.namun baru baru ini gigi saya sering mengeluarkan darah yang cukup banyak,kurang lebih 1/4 gelas sehari.saya takut hal ini berpengaruh pada kesehatan tubuh saya.karena belakangan daya tahan tubuh saya lemah.tolong solusinya

    13. riris riris December 24th, 2011 at 3:35 pm 13

      bagaimana cara mengatasi gigi berlubang? kanan kiri gigi geraham bawah dari bayi sampai skrg sy udh kls 3 sma,skrg sakit nut”an banget,kira* kalo dicabut bisa n skit gk ya?? Terus tumbuh gigi lagi gk?

    14. erik erlangga erik erlangga December 31st, 2011 at 10:26 pm 14

      awal nya gigi saya linu, udh gitu bbrapa bulan yg linu itu patah terus bolong kan … nah belum di cabut smpai skrg, ehh gigi yg satu lagi bolong tp blm sampai patah… efek nya mmng sih kalo makan kurang enak gtu soalnya rada2 sakit. saya harus gmn dong? apa gigi saya yg bolong di cabut aja atau gimana? mohon saran nya. terimakasih

    15. andre andre January 3rd, 2012 at 5:54 pm 15

      selamat malam semuanya,saya sedang sakit gigi dan gusi saya agak bengkak apakah ini saat yang tepat untuk mencabut giginya,terima kasih.

    16. cici cici January 15th, 2012 at 7:43 am 16

      bagaimana di daerah gigi yang berlubang tumbuh daging kecil ?

    17. wulaningsih wulaningsih March 19th, 2012 at 11:59 am 17

      ass..saya wulan,..kebetulan gigi saya berlubang,di bagian belakang,.. saya takut ke dokter gigi,.. karena pasti harus disuruh cabut,.. bagaimana pendapat anda?

    18. hery hery April 15th, 2012 at 10:27 am 18

      assmlqm…saya hery tlong bagi info nya dung..apakah gigi graham patah dan ketutup gusi apakah brbahaya?thx sblm nya

    19. anna anna May 2nd, 2012 at 10:18 pm 19

      selamat malam….
      aku anna,,, kalau gigi ngilu itu berarti mau berlobang yaa????
      tiap hariii gigi saya ngilu truss,,,
      cara mencegahnya bagaimana??? selain sikat gigi n kumur”.
      ada cara lain yang lebih manjur gakk??? soalnya saya rajin sikat gigi tapi tetap aja giginya selalu berlubang.

    20. juli marlina juli marlina September 5th, 2012 at 3:45 pm 20

      Saya

    21. juli marlina juli marlina September 5th, 2012 at 3:49 pm 21

      Gigi atas paling belakang saya gusinya sakit, disarankan dokter cabut ,setelah cabut akarnya ada tertinggal,jd ditindak lanjuti kerumah sakit ladoki operasi kecil,apakh harus dioperasi ,klo dibiarkan gmn dok,terimakasi


    Leave a reply


    Say it

      Dengan atau tanpa agama, Anda bisa melihat orang baik berbuat baik dan orang jahat melakukan kejahatan. Tapi agar orang baik tidak melakukan kejahatan, dibutuhkan agama.
      Steven Weinberg 1933

    Advertisement


    Category

    My Links






    Meta

    Calendar

    July 2009
    M T W T F S S
    « Jun   Aug »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  

    UserOnline