BI Keluarkan Uang Kertas Pecahan Rp 2000 Baru




Uang baru 2000 rupiah BI

Jakarta, Bank Indonesia (BI) pada hari kamis tanggal 9 Juli 2009 secara resmi meluncurkan uang kertas baru pecahan Rp 2.000 tahun emisi 2009 sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia. Penerbitan uang kertas baru ini merupakan implementasi kebijakan BI di bidang pengedaran uang yaitu untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu dan dalam kondisi yang layak edar jelas Miranda s Goeltom, Pjs Gubernur Bank Indonesia dalam siaran pers BI.


Uang kertas baru ini bergambar Pangeran Antasari (Pahlawan Nasional dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan) dan pada bagian belakang bergambar Tarian Adat Dayak. Uang ini mulai berlaku sebagai alat pembayaran yang sah terhitung mulai tanggal 10 Juli 2009. Peluncurannya sendiri dilakukan di Banjarmasin hari ini.

Pemilihan gambar mengacu pada uang kertas sebelumnya yang bertemakan Pahlawan Nasional, hal ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada para pahlawan dan untuk turut serta melestarikan budaya bangsa.

Uang kertas ini berwarna dominan abu-abu dengan unsur pengaman berupa tanda air bergambar Pangeran Antasari dengan benang pengaman yang tertanam di kertas uang dan bertuliskan BI2000 berulang-ulang ang akan memendar merah di bawah sinar ultraviolet. Selain itu pada bagian kanan di muka uang juga terdapat kode tertentu (blind code) yaitu berupa kotak persegi panjang yang dicetak secara intaglio untuk mengakomodasi kebutuhan para tunanetra.

Sebanyak 15 juta lembar dari total 1,1 miliar lembar akan diedarkan untuk pertama kali pada awal tahun 2009 ini. Kemudian uang kertas pecahan Rp 1.000 akan tidak diproduksi lagi dan akan ditarik dari peredaran selambat-lambatnya dalam jangka waktu 5 tahun, sebagai gantinya akan di produksi uang logam pecahan Rp 1.000, hal ini dilakukan untuk menghemat dalam produksi uang Rupiah.

  • Filed under: Blog
  • Related Post


    16 Responses for "BI Keluarkan Uang Kertas Pecahan Rp 2000 Baru"

    1. whyu whyu July 10th, 2009 at 4:39 am 1

      udah ada pecahan baru 2rb.. keren. kapan nih pecahan Rp. 3575 nya??

    2. Bisnis Online Bisnis Online July 10th, 2009 at 6:27 am 2

      gmana gak diproduksi lagi, bayar parkir aja dah 2000 hehehe

    3. jimmy jimmy July 10th, 2009 at 7:13 am 3

      seribuan cuma uang logam doang? wah repot juga nih, kalo bayar parkir harus pake seribuan jadi berat :D kalo pake 2 ribuan ntar gak dikasih kembalian :)

    4. Fiz Fiz July 10th, 2009 at 8:49 am 4

      Apik yo, cuman fotonya itu lho, kok masih hitam putih… :D

      BTW, Juni apa Juli ya???

    5. Qie Qie July 10th, 2009 at 9:13 am 5

      wehh baru tauk sayah ini tentang berita uang pecahan 200an. apik yo

    6. rental mobil murah rental mobil murah July 10th, 2009 at 9:54 am 6

      hati- hati nanti keliru 2000 di kira 20.000. untung besar / rugi besar.

    7. Pucca Pucca July 10th, 2009 at 11:49 am 7

      yah..uang seribuan kertas mau ditarik ya? justru gua kurang demen uang logam cecengan itu, suka saru ama gopekan..
      tadinya gua kira 200 ribu hehe.. ternyata dua ribu :P

    8. Andre Andre July 10th, 2009 at 10:35 pm 8

      Wow..beneran? asyik juga ada lembaran baru…wakaka…lama2 uang 200rb juga bakalan muncul tuh..

    9. Fallschirmjager Fallschirmjager August 17th, 2009 at 4:55 pm 9

      Klo nilai pecahan uang tambah besar,bukannya berarti kita tambah miskin.Nilai tukar uang yg beredar kan jd rendah.Kayak Zimbabwe punya uang pecahan 5 milyar tp cuma bisa buat beli roti aja.

    10. Fallschirmjager Fallschirmjager August 17th, 2009 at 4:55 pm 10

      Klo nilai pecahan uang tambah besar,bukannya berarti kita tambah miskin?Nilai tukar uang yg beredar kan jd rendah.Kayak Zimbabwe punya uang pecahan 5 milyar tp cuma bisa buat beli roti aja.

    11. alexandrie alexandrie August 24th, 2009 at 8:05 am 11

      mo tuker pecahan baru untk wil situbondo, dmn ya…???

    12. aan aan August 29th, 2009 at 4:41 pm 12

      asyik juga tuh pecahan 2000an.mngkin thn dpn 15.000 jga da?blh juga tuh.

    13. cece surtadi cece surtadi September 9th, 2009 at 11:56 pm 13

      knp sch nominal’y bsar nilai’y kcil psti hrga gk da yg mrah bagus lha………………………..

    14. dedi Qhodar dedi Qhodar September 9th, 2009 at 11:58 pm 14

      pecahan aplagi di thun 2010 hrg 100rbu cma bsa bli tempe doank……………….

    15. Demang  Ngijo Demang Ngijo November 16th, 2010 at 8:34 pm 15

      Mbah Demang Ngijo

    16. Demang  Ngijo Demang Ngijo November 16th, 2010 at 8:34 pm 16

      Dua Ribu Rupiah


    Leave a reply


    My Links






    Meta

    Calendar

    July 2009
    M T W T F S S
    « Jun   Aug »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  

    UserOnline